Sabtu, 09 Juni 2012

Manusia & Kebudayaan


Manusia dan Kebudayaan

Manusia.
         
Dipandang dari segi ilmu ekstra, manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang Manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam golongan makhluk mamalia ( biologi ). Dalam ilmu Sosial, manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan  atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo enconomicus ( ilmu ekonomi ). Manusia merupakan makhluk social yang tidak dapat berdiri sendiri  ( Sosiologi ), makhluk yang selalu ingin memiliki kekuasaan ( politik), dan sebagainya.

1. Manusia itu terdiri dari empat unsur yang paling terkait yaitu :
a)  Jasad : yaitu badan kasar manusia yang Nampak pada luarnya, dapat diraba, dan difoto dan menempati ruang dan waktu.
b)   Hayat : yaitu mengandung unsur hidup, yang ditandai dengan gerak.
c) Ruh : yaitu bimbingan yang dipimpin tuhan, daya uang berkerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
d)   Nafs : dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri.

2. Manusia sebagai suatu kepribadian yang mengandung 3 unsur yaitu :
a)  Id : yaitu merupakan struktur kepribadian yang paling rimitive dan paling tidak nampak. Id merupakan libido murni, atau energy psikis yang menunjukan ciri alami yang irasional dan terkait masalah sex, yang secara instingtual menetukan proses-proses ketidak sadaran. Id tidak berhubungan dengan lingkungan luar diri, tetapi terkait dengan struktur lain kepribadian yang pada gilirannya menjadi mediator antara insting Id dengan dunia luar.
b) Ego : merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id. Seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif” karena peranannya dalam mneghubungkan energy Id kedalam saluran social yang dapat dimengerti oleh orang lain.
c)  Superego : merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia lima tahun. Dibandingkan dengan Id dan Ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, Superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Jadi Superego menunjukan pola aturan yang dalam drajat tertentu mneghasilkan control diri memalui sistem imbalan dan hokum yang terinternalisasi.

Hakekat Manusia :

1.     Makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
2.     Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna, jika dibandingakn dengan makhluk lainnya.
3.     Makhluk bio cultural yaitu makhluk hayati yang budayawi.
4.     Makhluk ciptaan tuhan yang terikat dengan lingkungan. Mempunyai kualitas dan martabat   karena kemampuan bekerja dan berkarya.

Pengertian kebudayaan.

          Kebudayaan selalu dimiliki oleh masyarakat, hanya saja ada sesuatu masyarakat yang lebih baik perkembang kebudayaannya dari pada masyarakat lainnya untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakatnya. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah semua hasil dari karya, rasa dan cipta masyarakat, karya masyarakat, menghasilkan teknologi dan kebudayaan, yang diperlukan manusia untuk menguasai alam sekitarnnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabadikan untuk kepentingan masyarakat.
          Dari pengertian tersebut menunjkan bahwa kebudayaan itu merupakan keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial, yang digunakan untuk menginterprestasikan dan memahami lingkungan yang dihadapi, untuk memenuhi segala kebutuhannya serta mendorong terwujudnya kelakuan manusia itu sendiri .

Unsur kebudayaan umumnya diperinci menjadi 7 unsur yaitu :

1.     Unsur religi.
2.     Sistem kemasyarakatan.
3.     Sistem peralatan.
4.     Sistem mata pencaharian hidup.
5.     Sistem bahasa.
6.     Sistem pengetahuan.
7.     Seni.

Bertitik dari system inilah maka kebudaan paling sedikit memiliki 3 wujud antara lain :

1. Wujud sebagai kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan dan sejenisnya. Ini merupakan wujud ideal kebudayaan. Sifatnya abstrak, lokasinya ada didalam pikiran masyarakat dimana kebudayaan itu hidup.
2. Kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat.
3.   Kebudayaan sebagai beda hasil karya manusia.


Manusia dan cinta kasih

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta cinta adalah rasa sangat suka ( kepada ) atau ( rasa ) sayang ( kepada ), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hapir sama, sehinggan kata kasih memperkuat kata cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka ( sayang ) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.
Pengertian cinta yang dikemukakan oleh Dr. Sarlito. W.Sarwono, dikatakan  bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan, keintiman dan kemesraan. Yang dimaksud dengan keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan diasudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang. Kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang.
Didalam kitab suci AL-Quran ditemui adanya fenomena cinta yang tersembunyi didalam jiwa manusia. Cinta memiliki 3 tingkatan yang tinggi, menengah dan rendah. Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah, dan berjiah dijalan Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat rendah adanya cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, dan tempat tinggal.

Kasih sayang.

          Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut bertanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur  bertanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu.

Kemesraan.

          Kemesraan berasal dari kata mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya  merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.

Pemujaan.

          Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.

Belas Kasihan.

          Dalam surat Yohanes dijelaskan ada 3 macam cinta. Cinta Agape adalah cinta manusia kepada tuhan. Cinta Philia ialah cinta kepada ibu bapak( orang tua ) dan saudara. Dan ketiga adalah cinta Erros atau Amor adalah cinta antara pria dan wanita. Beda cinta antara cinta Amor dan Erros ini adalah cinta Erros cinta karena kodrati sebagai laki-laki dan perempuan, sedangkan cinta Amor karena unsur-unsur yang sulit dinalar. Misalnya gadis normal yang mencintai dan mau menikahi seorang pemuda yang kerdil. Cinta terhadap sesama merupakan perpaduan cinta Agape dan cinta Philia. Cinta sesama ini diberikan istilah belas kasih untuk membedakan antara cinta kepada orang tua,pria-wanita, dan cinta kepada Tuhan. Dalam cinta kepada sesame ini diberi istilah belas kasih, karena cinta disini bukan karena cakapnya, kayanya, cantiknya, melainkan karena penderitaannya.

Studi kasus.

Cinta merupakan suatu hal yang sulit untuk dijelaskan. Setiap orang pasti memilki pengertian atau presepsi yang berbeda soal cinta. Cinta itu ibarat air hujan yang semua orang tidak dapat memprediksi datangnya dan juga akan turun ke semua orang. Cinta tidak hanya cinta kepada lawan jenis tetapi juga cinta kepada hewan, tumbuhan, uang, dan masih banyak lagi. 
Ini adalah sebuah kisah tentang kasih sayang yang begitu besar seorang ayah terhadap anak laki-lakinya. yang menderita cacat di otaknya sejak lahir. Terkadang kesulitan menjadikan jalan untuk menunjukkan kemampuan yang sebenarnya. Sebuah penderitaan merupakan jalan untuk menunjukkan cinta yang sesungguhnya. Ungkapan itu semakin lama semakin bisa dipahami. Terlebih saat membaca dan melihat kisah keluarga dari Boston, Amerika Serikat ini.
Memang ada orang yang mengeluh karena kesulitan. Ada banyak juga yang tampil sebagai pribadi yang keras dan pemarah karena beban derita yang besar. Sebagian orang kerap tergoda untuk lebih mudah marah dan gampang membenci saat banyak masalah datang. Namun kisah cinta seorang ayah ini mulai membuka mata setiap orang, bahwa penderitaan adalah sungguh jalan untuk menunjukkan cinta.
Kisah ini bercerita tentang sebuah keluarga yang terus mencintai anaknya dalam penderitaannya. Mungkin Anda pernah mendengar tokoh ini, atau sudah pernah melihat videonya, tidak apa, tapi mungkin ada yang belum pernah mendengar, siapa tahu apa yang saya tulis kembali disini ini dapat berguna sebagai sebuah pelajaran hidup untuk kita semua.
Semua penderitaan itu bermula ketika anak laki-laki mereka lahir dengan cacat bawaan. Cacat ini bukan pada fisik luarnya, tetapi pada bagian dalam tubuhnya. Otaknya tidak memperoleh suplai oksigen dengan baik. Tentu saja ini sangat berpengaruh buruk. Secara sederhana, Rick, anak laki-laki mereka ini tidak akan bisa hidup normal.
Suami istri itu tidak menyerah begitu saja meski mendapati anaknya tidak akan bisa berjalan dan bicara. Mereka mencari jalan agar anaknya bisa belajar, bisa tumbuh, meski memiliki begitu banyak kekurangan. Saat Rick berusia 10 tahun orangtuanya memberi sebuah computer sederhana yang bisa sangat membantu Rick. Tentu saja tahun tersebut, 1972, tekhnologi belum sangat maju seperti sekarang. Toh kehadiran computer itu sangat menolong. Pelan-pelan Rick diajari mengeja huruf demi huruf. Kata pertama yang membahagiakan mereka adalah ketika Rick bisa menggerakkan mouse computer untuk mengeja kata sapaan, “hi Mom” dan “hi Dad”.
Pelan-pelan Rick dikenalkan dengan berbagai aktivitas anak-anak pada umumnya, meski ia menjalani dengan duduk di kursi roda. Ia diajari berenang, bermain hoki, dll. Akhirnya tahun 1975, ketika ia berusia 13 tahun, Rick di masukkan ke sekolah normal. Di sana ia belajar dan bisa mengikuti dengan baik, tentu dengan bantuan berbagai alat. Tidak hanya sampai di situ, Rick mampu menyandang gelar sarjana dalam bidang Pendidikan Khusus tahun 1993.
Seperti anak-anak dan pemuda pada umumnya, Rick sangat menyukai olah raga. Ia mengikuti beritanya dan sangat ingin terlibat di dalamnya. Di sinilah kebesaran cinta sang ayah sungguh diuji. Suatu saat di musim semi tahun 1977, Rick mengatakan ingin ikut dalam lomba lari 5 mil yang ada di kota mereka. Ayahnya menyetujui. Tentu saja, Rick tidak mampu berlari sendiri. Orangtuanya membuatkan kursi roda khusus yang bisa didorong sambil berlari. Ayahnyalah yang berlari sambil mendorong kursi roda anaknya.
Setelah ikut lomba tersebut, Rick seperti keranjingan untuk ikut lomba yang lain. Sang ayah selalu mengiyakan. Ia tidak pernah menolak keinginan anaknya. Suatu malam, Rick berkata pada ayahnya, “Dad, ketika aku ikut berlari, aku merasa bahwa aku bukan orang cacat.” Tentu saja ini sangat mengharukan bagi sang ayah.
Berbagai lomba telah mereka ikuti. Puncaknya ketika mereka terlibat dalam lomba iron-man. Lomba ini meliputi lari, bersepeda dan berenang di laut. Hal itu terjadi pada tahun 1992. Sekali lagi, sang ayah mengiyakan tanpa mengeluh akan permintaan anaknya tersebut. Saat itu usia Rick sudah 30 tahun dan ayahnya sudah 52 tahun. Setelah itu mereka masih mengikuti beberapa lomba yang lain lagi. Bapak anak ini menjadi sebuah team yang solid. Sang anak terus berusaha memberi semangat pada ayahnya dengan merentangan tangan dan menunjukkan raut muka gembira. Mereka telah menjadi satu. Mereka tidak mungkin berlomba secara terpisah. Sang ayah adalah tubuh dan anaknya adalah hati yang membakar semangat untuk terus berlari.
Mereka masih memiliki rencana akan mengikuti lomba marathon di Boston, yang merupakan lomba favoritenya Rick pada tahun 2011. Waktu itu terjadi, usia sang ayah sudah 70 tahun. Kita tidak tahu apakah mereka masih bisa melakukan atau tidak. Namun yang pasti, ayah yang perkasa ini telah menunjukkan cinta yang sangat besar pada anaknya. Ia tidak pernah mengeluh, karena penderitaan anaknya adalah jalan baginya untuk menunjukkan cintanya.
Suatu saat Rick pernah ditanya, ‘jika bisa memberi sesuatu pada ayahmu, apakah yang ingin kamu berikan?’ Rick menjawab, ‘kalau mungkin, suatu saat ayah duduk di kursi ini dan aku yang mendorongnya.’ Teman, saya belajar banyak dari keluarga ini, dari ayah yang hebat ini. Maka saya ingin bagikan pada Anda salah satu klipnya. Tentu saja, kalian masih bisa mencari klip yang lain lagi. Semoga kalian mendapatkan hikmahnya. O iya, ayah perkasa yang penuh dengan cinta ini namanya DICK HOYT.

sumber :http://forum.kompas.com/internasional/47572-kisah-nyata-tentang-cinta-seorang-ayah-kepada-anaknya-yang-cacat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar